antara Hacker dan FFI

mungkin masih segar dalam ingatan para netter FFI ,situs ini diserang hacker yang selama satu minggu tidak bisa diakses.

dan persoalan ini juga bisa kita lihat disini

masalah diserang hacker FFI bukan satu-satunya situs yang pernah diserang oleh hacker.
setidaknya dua situs yang penulis aktif didalamnya pernah juga mendapatkan serangan serupa

al-islahonline.com diserang hacker

tetapi yang membedakan keduanya adalah bagaimana pengelola forum tersebut menyikapi serang hacker!

kalau kita perhatikan keduanya..

pengelola FFI memamerkan kepongahan / kesombongannya dalam menyikapi serangan hacker. dengan [u]mengumbar tuduhan-tuduhan[/u]
pengelola al-islahonline menyikapi bahwa itu adalah tantangan dalam berdakwah [u]tanpa mengumbar tuduhan[/u]

siapapun melihat hacker adalah orang yang lebih suka menggunakan cara-cara 'kekuatan fisik' yang mengabaikan kekuatan argumentasi.

lalu bagaimana yang terjadi di forum FFI.. apakah mereka para pengelola lebih mengedepankan argumentasi atau mengedepankan arogansi?

masih sangat segar dalam ingatan.. penulis topik ini membuat topik yang bertema seperti itu.. sebuah tema menguji sampai dimana para pengelola menempatkan keduanya

tetapi fakta membuktikan para pengelola FFI lebih mengedepankan arogansi kekuasaan untuk membungkan argumentasi-argumentasi yang mampu mementahkan opini yang hendak mereka bangun.. dengan cara-cara yang sangat-sangat arogan,jauh dari perilaku yang mengedepankan argumentasi.

maka kalau demikian apa bedanya pengelola FFI dengan para hacker tersebut?

maka antara tulisan ali sina (sebagai pendiri FFI )dan perilaku pengelola dalam mengelola forumnya...sangat-sangat timpang!

atau bisa jadi tulisan ali sina sekedar 'kamuflase' seakan-akan menunjukan egaliter ,orang yang siap beradu argumentasi..tetapi dibelakang layar ia mengintruksikan kepada anak buahnya untuk melakukan cara-cara 'kekerasan' dalam membungkam argumentasi-argumentasi yang akan membahayakan misi mereka..

sehingga postingan-postingan penulis harus di buang,dihapus...
banyak thread yang dimasuki oleh penulis buru-buru dikunci.bahkan ada thread yang harus dilenyapkan.
signature yang mereferensikan link yang mengungkap tentang FFI dipersoalkan (karena kebetulan dipostingkan di forum penyaingnya / AFFI)

sebelum tulisan ini selesai ditulis..(yang awalnya juga akan dipostingkan di FFI) penulis sudah dibanned di forum FFI dan semua ip penulis diblokir sehingga tidak bisa register lagi...

dan sejak aktif posting di FFI penulis berusaha mentaati aturan-aturan tertulis di FFI..menghindari 'bahasa-bahasa kasar'...
tetapi fakta tak terbantahkan...

penulis dibanned bukan karena 'nyampah' atau melanggar aturan..tetapi dianggap berbahaya bagi misinya... sehingga link blog ini yang ada di setiap postingan penulis yang tersisa harus dihapus.. sejak penulis memasukan pembahasan tentang FFI di blog ini

kesimpulannya

hacker dan FFI tidak jauh berbeda.. orang-orang yang lebih menggunakan cara-cara kekerasan dibanding cara-cara yang elegan /adu argumentasi..

maka layakkah anda menjadikan FFI sebagai referensi keilmuan??

0 comments: